Home Top News Jelang Muktamar NU ke-34, Aswaja Center Gelar Silatnas

Jelang Muktamar NU ke-34, Aswaja Center Gelar Silatnas

112

WartaIndonesia.net, JAKARTA – Aswaja NU Center menggelar Silaturahmi Nasional (Silatnas) secara Hybrid (online dan offline) pada Senin, 15 November 2021. Peserta offline di Pusat Muallaf Center, Komplek Patra II, Cempaka Putih Jakarta Timur, sementara peserta yang hadir online melalui aplikasi Zoom.

Silatnas kali ini dalam rangka mengambil kesepakatan dari seluruh pengurus Aswaja NU Center di semua tingkatan untuk diajukan dalam Muktamar NU ke-34 di Lampung. Silatnas ini dihadiri 20 Pengurus Wilayah dan 40 Pengurus Cabang Aswaja NU Center.

Ketua Lembaga Dakwah PBNU KH. Agus Salim dalam sambutannya menyampaikan pentingnya keberadaan Aswaja NU Center. Bahkan, menurut KH. Agus Salim, NU ada karena untuk menyebarkan dan mempertahankan Aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah.

“Semoga di Muktamar nanti, Aswaja Center disetujui menjadi Badan Otonom (Banom) atau Lembaga NU,” kata KH. Agus Salim yang hadir secara Virtual.

Ketua Panitia Silatnas Aswaja NU Center 2021 KH. Usamah mengatakan, seluruh peserta silatnas sepakat untuk mengajukan Aswaja NU Center sebagai Lembaga. Hal itu akan disampaikna pada Ketua Muktamar ke-34 NU dan Ketua Komisi Organisasi.

“Seluruh perserta sepakat mengajukan agar Aswaja NU Center dibahas di Komisi Organisasi dan berharap disepakati menjadi Lembaga resmi Nahdlatul Ulama,” ungkap KH. Usamah yang juga Ketua Aswaja NU Center Bekasi setelah acara.

Sementara, Ketua Aswaja NU Center KH. Misbahul Munir mengungkapkan pentingnya Aswaja Center mempunyai posisi yang jelas di tubuh organisasi NU. Menurutnya, saat ini legal dari pengurus Wilayah dan Cabang masih beragam.

“Aswaja NU Center fokus sebagai benteng dan menyebarkan faham Ahlussunnah wal jamaah. Saat ini, legal dari pengurus Aswaja ada yang dari Lemabaga Dakwah, ada yang dari Pengurus Wilayah NU seperti Jawa Timur ada juga yang mendapat SK (Surat Keputusan) dari LBM (Lembaga Bahstul Masail) seperti Jawa Tengah,” imbuh Kyai Misbah.

Hadir dalam Silatnas ini secara Offline Ketua Aswaja NU Center PBNU Kyai Misbahul Munir, Ketua Aswaja NU Center DKI KH. Khoerul Ansori. Sementara hadir secara online, Ketua Lembaga Dakwah PBNU KH. Agus Salim, Ketua Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur KH. Ma’tuf Khozin, Ketua Aswaja NU Center Kalimantan Timur KH. Fahrurrozi dan 40 pengurus Aswaja NU Center PCNU.